SEKRETARIAT DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU (DPMPTSP) KABUPATEN BATANG HARI

Berdasarkan:

PERATURAN BUPATI BATANG HARI
NOMOR 34 TAHUN 2018

TENTANG
KEDUDUKAN, TUGAS DAN FUNGSI, SUSUNAN ORGANISASI, SERTA TATA KERJA 
DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU

 

BAB IV

SEKRETARIAT

 

Bagian Kesatu

Kedudukan, Tugas dan Fungsi Sekretariat

Pasal 6

(1)   Sekretriat berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Dinas;

(2)   Sekretriat dipimpin oleh Sekretaris

 

Pasal 7

Sekretariat mempunyai tugas melaksakan pelayanan teknis dan adminitratif serta koordinasi pelaksanaan tugas dilingkungan Dinas Penanaman Modal dan Pelayananan Terpadu Satu Pintu.

 

Pasal 8

Dlaam Melaksanaan tugas sebagaimanan dimaksud dalam Pasal 7, Sekretariat menyelenggarakan fungsi:

a.   Koordinasi penyusunan kebijakan, rencana, program, kegiatan, dan anggaran dibidang Penanaman Modal dan Pelayana Terpadu Satu Pintu;

b.   Koordinasi Pengelolaan dan laporan keuangan perbendaharaan dilingkungan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu;

c.   Penyusunan bahan rancangan peraturan perundang-undangan dan fasilitasi bantuan hukum dibidang Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu;

d.   Pelaksanaan urusan organisasi dan tatalaksana dilingkungan Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu;

e.   Pengelolaan kepegawaian dilingkungan Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu;

f.   Pengelolaan barang milik daerah dilingkungan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu;

g.   Pelaksanaan tugas umum yang menjadi tanggung jawabnya;

h.   Pengkoordinasian antar dan antara unit kerja laik dilingkungan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu;

i.   Pemberian bimbingan dan pengarahan serta petunjuk teknis dibidang tugasnya kepada bawahan;

j.   Penyelenggaraan penilaian pelaksanaan pekerjaan dan pengawasan melekat terhadap bawahan;

k.   Pelaksanaan urusan ketatausahaan dan kerumahtanggaan dilingkungan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu;

l.   Pemberian saran dan pertimbangan kepada Kepala Dinas;

m.   Pelaksanaan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Dinas.

 

Bagian Kedua

Susunan Organisasi Sekretariat

Pasal 9

Sekretariat sebagaimana dimaksud dalam Pasal 5 huruf a, terdiri atas:

a.   Subbagian Program dan Keuangan; dan

b.   Subbagian Umum dan Kepegawaian.

 

Paragraf 1

Kedudukan dan Tugas Subbbagian Program dan Keuangan

Pasal 10

(1)   Subbagian Program dan Keuangan berada dibawah Sekretariat.

(2)   Subbagian Program dan Keuangan dipimpin oleh Kepala Subbagian berkedudukan dibawah dan bertanggung jawab kepada Sekretaris.

(3)   Subbagian Program dan Keuangan melaksanakan tugas:

a.  Penyunan rencaca kerja Subbagian;

b.   Penyiapan penyusunan bahan perumusan kebijakan, rencana, program, kegiatan, dan anggaran;

c.   Penyiapan dan mempelajari bahan-bahan/materi serta perangkat peraturan yang diperlukan dalam tugas;

d.   Merencanakan kegiatan, menghimpun bahan-bahan penyusunan konsep Renstra, Renja dan Usulan Program Dinas;

e.   Melaksanakan koordinasi dengan masing-masing unsur organisasi dilingkungan Dinas dalam rangka perencanaan, pelaksanaan, pengendalian, evaluasi dan pelaporan program, kegiatan, dan anggaran Dinas;

f.   Pengumpulan data/informasi dari setiap unit kerja dilingkungan Dinas sebagai bahan penyusunan program;

g.   Pembinaan dan pengarahan terhdap bendaharawan pengeluaran dan juru bayar gaji;

h.   Pengumpulan program kerja dari setiap unit kerja dilingkungan Dinas sebagai bahan penyusunan Rencana Kerja Anggaran (RKA) untuk dijadikan sebagai Dokumen Pelaksana Anggaran (DPA);

i.    Melaksanakan koordinasi penyerapan anggaran pada pelaksanaan program, kegiatan sesuai dengan tata kelola kegiatan;

j.   Melaksanakan pengujian, penelitian, verifikasi permintaan pembayaran pelaksanaan kegiatan dan menyiapkan surat permintaan pembayaran;

k.   Pelaksanaan pelaporan realisasi pelaksanaan tugas sesuai dengan tugasnya;

l.   Pemberian bimbingan dan pengarahan serta petunjuk teknis dibidang tugasnya kepada bawahan;

m.   Penyelenggaraan penilaian pelaksanaan pekerjaan dan pengawasan melekat terhadap bawahan;

n.   Penyusunan laporan Sekretariat dan Dinas; dan

o.   Pelaksanaan tugas lain yang diberikan Sekretaris.

 

Paragraf 2

Kedudukan dan Tugas Subbagian Umum dan Kepegawaian

Pasal 11

(1)   Subbagian Umum dan Kepegawaian berada dibawah Sekretariat.

(2)   Subbagian Umum dan Kepegawaian dipimpin oleh Kepala Subbagian berkedudukan dibawah dan bertanggung jawab kepada Sekretaris.

(3)   Subbagian Umum dan Kepegawaian melaksanakan tugas:

a.  Penyunan program, evaluasi dan pelaporan penyelenggaraan program kerja Dinas, penyelenggaraan urusan tata usaha surat menyurat dan kearsipan;

b.   Penyelenggaraan urusan umum, perlengkapan dan rumah tangga Dinas;

c.   Penginvetarisan, pendistribusian dan pemeliharaan barang-barang inventaris daerah dilingkungan Dinas;

d.   Pengamanan barang milik daerah dilingkungan Dinas;

e.   Melaksanakan pemeliharaan dan pengadaan sarana dan prasarana kantor serta pemeliharaan gedung;

f.   Melaksanakan inventarisasi, pendistribusian, penyimpanan, perawatan dan usulan pengahapusan sarana dan prasarana kantor;

g.   Pengeloalan urusan kepegawaian;

h.   Menyiapkan pelayanan naskah dinas, kearsipan, pengetikan, penggandaan dan pendistribusian;

i.   Menghimpun, menginventarisir, mengusulkan dan memproses administrasi kepegawaian dilingkungan Dinas;

j.   Menyiapkan dan menyusun daftar urut kepangkatan dan analisis jabatan;

k.   Merencanakan kegiatan dan menghimpun, menyusun kelenkapan administrasi pembuatan ansuransi kesehatan ASN, taspen, taperum dan karpeg serta karis/karsu;

l.   Menyusun daftar penjagaan dan mengusulkan kenaikan pangkat, gaji berkala serta SKP, cuti ASN serta mengusulkan kelengkapan administrasi ASN Pensiun dilingkungan Dinas;

m.   Menyiapkan data dan bahan perlengkapan untuk pengusulan pengangkatan dalam jabatan;

n.   Memberikan petunjuk dan memotivasi bawahan peningkatan produktivitas kerja dan pengembangan karir;

o.   Pelaksanaan tugas-tugas lain yang diberikan atasan.