Nilai Indeks Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan DPMPTSP Mendapat Predikat Sangat Memuaskan

Pelayanan IKM Pelayanan IKM

Menindaklanjuti Permen Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI Nomor 14 Tahun 2014 tentang Pedoman Survey Kepuasan Masyarakat terhadap pelayanan publik, DPMPTP bekerjasama dengan peneliti independen Survey Kepuasan Masyarakat pada Semester 1 Tahun 2019. Survey menilai 9 unsur pelayanan antara lain: Persyaratan, prosedur, waktu pelayanan,biaya/tarif, kesesuaian layanan, kompetensi, kesopanan, sarana prasarana dan penanganan pengaduan.  

Dari hasil penilaian nilai rata – rata mendapat nilai 85 (A) dengan kategori sangat memuaskan. Nilai terendah pada unsur waktu pelayanan dengan Nilai 80,6 dan nilai tertinggi pada unsur Biaya/ tarif dengan nilai 99,5. Secara Umum nilai IKM Dinas Penanaman Modal masuk dalam kategori sangat memuaskan. Sampel penelitian sebanyak 150 pelaku usaha yang mengurus perizinannya di DPMPTSP Kabupaten Batang Hari.

Kepala DPMPTSP menyatakan masih ada pernyataan masyarakat kurang puasnya masyarakat terhadap waktu pelayanan disebabkan oleh rekomendasi – rekomendasi yang dikeluarkan oleh OPD teknis masih relatif belum sesuai dengan standar yang ditentukan. Solusi yang dilakukan dalam rangka peningkatan pelayanan adalah DPMPTSP sudah membentuk Tim Teknis Perizinan yang akan ditempatkan di DPMPTSP dalam rangka mempersingkat waktu dalam rangka memberikan rekomendasi teknis.

Yang perlu dibanggakan dari hasil survey untuk unsur biaya/tarif sebesar 99,5% responden dari pelaku usaha yang mengurus perizinan menyatakan bahwa pengurusan izin di DPMPTSP adalah Gratis dan tidak ada pungutan diluar ketentuan yang berlaku